Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Merauke
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Pelayanan Administrasi Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan SipilAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Merauke, yang meliputi pelayanan pembuatan Katu Tanda Penduduk Elektronik ( E – KTP ), Kartu Keluarga, Akta Kelahiran. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan kualitas pelayanan publik di kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Merauke dilihat dari dimensi Tangible Reliability, Recponsiviness, Assurance, dan Emphaty beserta indikatornya, (1) pelaksanaan kualitas pelayanan terkait dengan Dimensi Tangible ( Bukti Fisik ) belum memenuhi fasilitas pelayanan yang memadai dalam tidak adanya pendingin ruangan, MCK yang belum memadai dan kurangnya filling cabinet. (2) Dimensi Reliability ( Kehandalan ) pegawai dalam menangani setiap keluhan pelayanan belum sesai dengan harapan dan keinginan masyarakat, terlihat masih adanya keluhan dari masyarakat tentang proses pelayanan pembuatan E – KTP, Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga. (3) Dimensi Responsiviness ( ketanggapan ) pegawai sudah menunjukan sikap tanggap membantu masyarakat ketika mengalami kesulitan pada proses pembuatan E – KTP, Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga. (4) Dimensi Assurance ( Jaminan ), ketepatan jaminan tepat waktu pelayanan masih belum sesuai dengan harapan masyarakat, terlihat masih adanya keluhan dari masyarakat terkait dengan ketepatan waktu pelayanan E – KTP, Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga. (5) Dimensi Empathy ( Empati ) Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Merauke sudah menunjukan upaya meningkatkan kualitas pelayanan yaitu dengan memberikan kesan menyenangkan dalam proses pelayanan. Adapun kendala dalam pelaksanaan pelayanan publik Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Merauke antara lain kurangnya sumber daya pegawai, kesadaran masyarakat yang kurang khususnya dalam melengkapi syarat – syarat administrasi pelayanan serta fasilitas pelayanan yang belum memadai
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Administrasi Karya Dharma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.