Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Merauke Di Era New Normal

Authors

  • Salim Difinubun STIA Karya Dharma

Abstract

Strategi pelayanan administratif di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Merauke Pada era New Normal. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitiannya ialah di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Merauke. Fokus Penelitian ini menggunakan tiga strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik antara lain: strategi pengembangan struktur, strategi pengembangan penyederhanaan atau sistem prosedur,dan strategi pengembangan infrastruktur. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penulisan skripsi ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan Administratif di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Merauke sudah berjalan lancar. Saran yang dapat diambil dari penulis adalah dengan cara memberikan informasi secara lengkap mengenai prosedur yang mudah, cepat, transparan, Dan efisien .Contohnya seperti penyediaan Tv,poster,dan bander. seharusnya pihak Dinas kependudukan dan pencatatan sipil mengembangkan sarana dan prasarana yang dapat menunjang kebutuhan dan pelaksanaan kerja sehari-hari agar dapat berjalan secara efektif,efisien, dan berkesinambungan. contohnya adalah dengan menyediakan kursi yang memadai bagi penerima pelayanan yang  menunggu di ruang tunggu.

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Difinubun, S. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Merauke Di Era New Normal. Jurnal Administrasi Karya Dharma, 1(1), 11–20. Retrieved from https://www.jurnal.stiakdmerauke.ac.id/index.php/jakd/article/view/5